Kamis, 07 Juli 2011

Mengenal Pagemaker

1. Pengertian PageMaker
PageMaker adalah salah satu program destop publishing yang paling populer dan banyak digunakan dalam dunia penerbitan dan dokumentasi. Kelengkapan dan kemudahan yang ditawarkan oleh produk Adobe Corporation telah memikat jutaan pemakai baik pemula maupun profesional yang berkecimpung langsung dengan dunia Advertising. Dengan versi yang sarat dengan new feature, PageMaker mampu membuktikan dirinya sebagai program terbaik khususnya publishing. PageMaker adalah perangkat lunak aplikasi yang mengolah data untuk kebutuhan pembuatan desain layout buku, cover untuk majalah, koran, dll. Biasanya dipakai oleh jenis usaha setting komputer untuk keperluan pembuatan kartu undangan, kartu nama, kartu ucapan, kop surat, kalender dan lain sebagainya. 



2. Macam-macam penerbitan yang dikerjakan dengan PageMaker
 
  • Surat Kabar/koran adalah terbitan yang menyajikan hal-hal yang terbaru, terbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik dapat berupa even politik, kriminalitas, olahraga, tajuk rencana, maupun cuaca. Surat kabar juga biasa berisi kartun, Teka Teki Silang dan hiburan lainnya. Ada juga surat kabar yang dikembangkan untuk bidang-bidang tertentu, misalnya berita untuk industri tertentu, penggemar olahraga tertentu, penggemar seni atau partisipan kegiatan tertentu. Surat kabar modern biasanya terbit dalam salah satu dari tiga ukuran: broadsheet (ukuran besar: 29½ X 23½ inci).
  • Tabloid yaitu barang cetakan yang bentuk dan ukurannya setengah surat kabar harian dan umumnya color baik full judul, isi, dan gambar-gambar/foto. Ukuran tabloid: setengah ukuran broadsheet, dan sering dipandang sebagai surat kabar yang lebih sensasional. Tabloid sebenarnya adalah istilah suatu format surat kabar yang lebih kecil (597 mm × 375 mm) dari ukuran standar koran harian. Istilah ini biasanya dikaitkan dengan penerbitan surat kabar reguler non harian (bisa mingguan, dwi mingguan, dan lain-lain).
  • Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada sisi sebelah, dan berisi teks maupun gambar/foto, tabel dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan dalam bidang dunia informatika, kini dikenal pula istilah e-book atau buku-e (buku elektronik) yang mengandalkan internet sebagai sarana untuk menyebarluaskan. Walaupun sudah banyak fasilitas di internet tentang e-book namun buku tercetak tetap diperlukan terutama buku dalam bidang pendidikan formal.
  • Buletin adalah kumpulan lembaran yang biasanya jumlah halaman tidak terlalu banyak seperti buku atau majalah, biasanya diterbitkan untuk bidang keilmuan yang khusus atau untuk institusi. Buletin ditujukan kepada khalayak yang lebih sempit, yang berkaitan dengan bidang tertentu saja. Tulisan dalam buletin umumnya singkat dan padat (mirip berita) di mana digunakan bahasa yang formal dan banyak istilah teknis berkaitan dengan bidang tersebut.Disain, serta foto-foto atau ilustrasi dalam buletin umumnya formal. Pilihan ukuran penerbitan buletin biasanya adalah A4 (210 x 297 mm) atau eksekutif (7¼ x 10½ inci).
  • Brosur adalah sebuah buklet atau pamflet yang diterbitkan oleh suatu perusahaan atau institusi tertentu untuk mempromosikan produk jasa yang ditawarkan. Brosur dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler, benang, atau kawat), biasanya memiliki sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras.
  • Majalah adalah terbitan berkala yang memuat artikel dalam subyek yang bervariasi dari berbagai penulis, biasanya mingguan, dua mingguan, bulanan atau dua bulanan. Majalah biasanya memiliki artikel mengenai topik populer yang ditujukan kepada masyarakat umum dan ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti oleh banyak orang. Publikasi akademis yang menulis artikel padat ilmu disebut jurnal.
  • Dan lain-lain jenis terbitan publikasi yang dapat dikerjakan dengan PageMaker.

    Download soft adobe pagemaker disini

     sumber :http://www.adobe.com/products/pagemaker/






    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar